stats count
SEPAKBOLA NASIONAL

Target Masuk Olimpiade 2024, PSSI Siapkan Database Pemain

Jakarta – Salah satu impian PSSI yang harus direalisasikan adalah lolos ke Olimpiade 2024. Bukan tugas mudah tentunya mengingat sepakbola Indonesia juga sudah tertinggal dari negara Asia.

Ketertinggalan yang dimaksud yakni mereka tidak memiliki bank data pemain sebagai penunjang untuk membentuk tim nasional yang kuat di masa yang akan datang. Maka dari itu PSSI saat ini memerhatikan untuk mengatasi masalah ini.

Salah satu langkah terdekatnya menunjuk Indra Sjafri sebagai elemen penting yang bakal menjaring pemain-pemain di Indonesia, yang nantinya dihimpun dalam bank data pemain PSSI.

Apalagi saat ini juga PSSI juga membentuk kurikulum sepakbola Indonesia yang bernama Filanesia. Meskipun saat ini masih baru namun itu cukup dijadikan modal untuk acuan membuat bank data pemain.

“Saya sebagai sekjen akan menjadi administrator yang akan melakukan full riset yang nanti langsung dilaporkan kepada FIFA,” kata sekjen PSSI, Ratu Tisha, Jumat (5/1).

“Jadi posisi Indra Sjafri nantinya berposisi di dalam planel-planel tersebut karena kita sebenarnya perlu 100 Indra Sjafri lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, tambah Tisha posisi Indra juga akan terlibat dalam proyek Filanesia. “Pendeknya itu dalam satu tahun ini Indra akan membantu dalam area reset itu karena kita memiliki target untuk menjaring kelahiran 2005 2006 2007.”

Indra juga nantinya memonitor pemain dari tahun ke tahunnya agar Indonesia punya database pemain yang kuat. Langkah ini layaknya dilakukan federasi sepakbola Jerman DFB yang mempersiapkan timnas bisa menjadi juara Piala Dunia sejak 30 tahun lalu.

“Kita perlu punya data itu sekarang, supaya nanti di tahun 2024, siapa pun coach-nya, ketika ingin membentuk tim untuk Olimpiade dia akan punya runutan data dari seluruh anak-anak kita.”

“Database nanti akan ada seperti pernah injury di mana, pernah berlaku fair play atau gak, memiliki track record karakter yang baik kah. Dari situ pelatih akan baca, dia akan lakukan uji coba seleksi berdasarkan data tersebut yang memang historynya sudah banyak, dan terbentuklah tim untuk olimpiade itu,” tutupnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *