stats count
SEPAKBOLA NASIONAL

Sempat Mati Suri, Piala Indonesia Siap Bergulir Musim Depan

Jakarta – PSSI dalam penyelenggaraan kompetisi sepakbola nasional pada musim 2018 semakin menarik karena kehadiran gelaran tambahan. Setelah beberapa tahun hanya menyelenggarakan kompetisi berformat Liga saja seperti Liga 1 hingga Liga 3. Kini kompetisi berformat cup akan digelar oleh organisasi tertinggi sepakbola Indonesia tersebut.

Hal itu seperti dikatakan Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha yang pernyataan tersebut keluar dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Gedung Rubina, Jumat, 10 November.

Kompetisi yang dimaksud PSSI adalah Piala Indonesia. Piala Indonesia sendiri penyelenggaraan setara dengan Piala FA di Inggris atau Coppa Italia di Italia. Nantinya melibatkan seluruh klub yang berafiliasi dengan PSSI baik dari Liga 1 hingga Liga 3.

“Kita akan segera menggelar kembali turnamen Piala Indonesia, inilah Piala FA-nya Indonesia,” ujar Tisha.

“Tahun depan itu kita akan menyongsong Piala Indonesia. Nantinya seluruh tim yang berada di Liga 1 sampai Liga 3 akan bertanding hingga akhir,” jelas Tisha.

Piala Indonesia memang sempat jadi kompetisi pendampi Liga Indonesia. Yang dulunya bernama Copa Dji Sam Soe dan digulirkan mulai 2005, sebenarnya menjadi kesempatan bagi klub-klub yang tidak mampu menjuarai liga untuk mendapatkan trofi. Tujuan lain tentunya menambah jam bermain bagi para pemain karena hanya bermain di liga tentunya sangat kurang.

Sayang, perjalanan kompetisi kasta kedua ini tidak berjalan mulus dan cenderung labil. Jika pada awalnya digelar tiap tahun, belakangan hanya dipandang sebagai kompetisi tak penting. Jika ada waktu dan kesempatan saja Piala Indonesia baru digelar.

Sepanjang sejarah Piala Indonesia, tercatat sudah tiga kali ompong, yakni pada musim 2009, 2011 dan 2013. Alasannya sangat beragam, salah satunya tergantung kondisi persepakbolaan tanah air. Misalnya pada 2011 ketika situasi di PSSI sedang tidak stabil.

Show More

Related Articles