stats count
Berita TerbaruLIGASEPAKBOLA NASIONAL

PSSI Hapus Regulasi Penggunaan Pemain U-23 Di Liga 1 Mulai Pekan Ke-12

Regulasi penggunaan pemain U-23 tak diterapkan mulai pekan ke-12 Liga 1 hingga 30 Agustus nanti.

Jelang bergulirnya pekan ke-12 Liga 1 2017, PSSI menerapkan kebijakan baru perihal regulasi persaingan kasta tertinggi di Indonesia itu. Adalah perihal pemanfaatan pemain U-23 di tiap-tiap klub di didalam tiap tiap pertandingan.

Sebelumnya, terdapat regulasi tiap tiap klub mesti memainkan minimal tiga pemain U-23 sebagai starter di tiap tiap pertandingan dengan durasi minimal 45 menit. Regulasi itu pun dihapuskan waktu mulai pekan ke-12 hingga berakhirnya SEA Games 2017.

PSSI - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia
PSSI – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia

Hal itu dibenarkan wakil ketua umum PSSI Joko Driyono. “Ini sebenarnya kami menangguhkan waktu bukan menghapuskan. Sebenarnya penerapan regulasi pemain U-23 di Liga 1 tadinya untuk pengembangan yang serba konstektual perihal persiapan timnas U-22 ke SEA Games 2017,” membuka Joko, kepada Goal Indonesia.

“TapiĀ untuk waktu ini, slot skuat SEA Games udah ditetapkan, supaya untuk talent scouting tak diperlukan lagi karena skuat udah ada. Begitu terhitung untuk Kualifikasi Piala Asia U-23,” menjadi pria asal Ngawi itu.

Alasan selanjutnya, Joko memaparkan bahwa PSSI mengidamkan ada keadilan untuk klub-klub yang para pemainnya dipanggil ke timnas U-22. Mengingat, distribusi pemanggilan pemain tak merata di tiap tiap klub.

PSSI mengidamkan ada keadilan untuk klub-klub yang para pemainnya dipanggil ke timnas U-22

“Kita tahu, ada klub yang tiga hingga empat pemainnya dipanggil, dan klub selanjutnya bisa saja mempunyai pemain U-23 penggantinya yang kualitasnya di bawah dengan yang dipanggil ke timnas,” ujar pria yang terhitung menjabat pelaksana tugas sekjen PSSI itu.

“Alasan ketiga, kami terhitung diskusi dengan Liga (PT Liga Indonesia Baru), bagaimana supaya persaingan ini senantiasa menarik dengan tanpa pemain U-22 yang dipanggil ke timnas. Kami mempunyai anggapan dapat ada penurunan kualitas persaingan terkecuali tanpa para pemain U-22 yang dipanggil ke timnas. Ini kami diskusikan cukup panjang, supaya diputuskan perihal ini (ditangguhkan regulasi pemain U-22) mulai pertandingan 3 Juli hingga selesainya SEA Games. Setelah itu dapat diberlakukan lagi,” jelasnya.

Sementara itu, di konfirmasi terpisah, Chief Operation Officer PT LIB Tigorshalom Boboy membetulkan perihal tersebut. “Iya benar (dihapuskan regulasi pemain U-23). Itu mulai pekan ke-12 (3 Juli) hingga dengan 30 Agustus,” ujar Tigor.

Show More

Related Articles