stats count
SEPAKBOLA NASIONAL

Mengenal Kapten Afghanistan Yang Akan ‘Trial’ Di Persela Lamongan

Lamongan – Persela Lamongan tidak sembarangan dalam menentukan skuat menyongsong Liga 1 musim 2018. Mereka benar-benar merekrut pemain berkualitas, terutama komposisi pemain asing.

Sejauh ini, pemain asing bidikan sudah menjalin komunikasi langsung dengan sang pelatih, Aji Santoso. Dan satu pemain dipastikan akan sebentar lagi jadi bagian Laskar Joko Tingkir, yakni Zohib Islam Haroon Fakhruddin Amiri.

Bahkan, penggawa Tim Nasional Afghanistan tersebut sudah menginjakkan kaki di Lamongan, Selasa (19/12) sore. Kedatangan Zohib Islam Amiri lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

“Kami beri kesempatan (Zohib Islam) Amiri untuk beristirahat, karena dia menempuh perjalanan jauh selama 15 jam dari Mumbai, India. Hari ini insyaallah Amiri akan mengikuti latihan. Sekedar pemulihan kondisi saja dulu,” kata manajer Persela, Yunan Achmadi.

Kedatangan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini atas rekomendasi Aji Santoso. Amiri nantinya diproyeksikan mengisi slot pemain Asia. Tapi, pemain yang pernah merumput bersama Mumbai FC, salah satu klub India Super League itu, masih akan dilihat kemampuannya lebih jauh.

“Masih dilihat dulu kemampuannya. Kami serahkan kepada tim pelatih yang menilainya,” imbuh Yunan.

Mengenal Amiri sendiri ia sejatinya salah satu pemain berpengaruh di Afghanistan. Bahkan kini ia menjabat sebagai salah satu kapten di sana.

Bahkan yang hebatnya Amiri merupakan pemain berpenampilan terbanyak di Timnas Afghanistan, yakni 55 kali dan mencetak 6 gol. Konsistensi dan jiwa kepemimpinan di lapangan, juga menjadi pertimbangan bahwa Amiri layak menyandang kapten Timnas Afghanistan.

Sebelumnya, ia banyak menghabiskan karir profesionalnya di India. Setelah periode 2007-2011 ia bermain di Afghanistan bersama Kabul Bank dan Ferozi FC. Amiri kemudian pindah ke klub Indian Super League, Mumbai FC selama 3 musim sejak 2011-2014.

Pada musim 2014-2015, Amiri direkrut Dempo Sports Club, Divisi 2 Indian Super League. Namun, ketika baru bermain 16 kali di Dempo SC, Amiri kembali bermain di kasta tertinggi Liga India bersama FC Goa dengan status pinjaman.

Musim selanjutnya, Zohib Islam Amiri pindah klub I-League. Kali ini ia berseragam DSK Shivajians FC pada musim 2015-2016. Amiri mendapat kesempatan bermain sebanyak 14 kali.

Sebelum ke Indonesia menjalani trail di Persela, Amiri sempat bergabung dengan Chennai City FC pada musim 2017 periode Januari-Maret.

Selama menjalani karir di level senior, Zohib Islam Amiri telah mencatatkan 6.556 menit bermain. Terakhir, Amiri mendapatkan 537 menit bermain dari 7 penampilan di Chennai City FC.

Show More

Related Articles