stats count
SEPAKBOLA NASIONAL

Jadi Pahlawan Kemenangan Dramatis Garuda Nusantara, Egy Maulana: Ini Tentang Tim Bukan Individu

Yangon – Egy Maulana Vikri kembali jadi buah bibir saat tim nasional Indonesia meraih meraih kemenangan 2-1 atas Myanmar di laga pertama Grup B Piala AFF U-18 2017, Selasa (5/9). Winger tim nasional Indonesia U-19 itu didapuk untuk menjadi man of the match setelah jadi juru penyelamat saat Garuda Nusantara berhasil meraih tiga poin pertama di turnamen sepak bola junior yang digelar di Yangon, Myanmar itu.

Dua gol yang dicetak pemain kelahiran Medan, 7 Juli 2000 itu sukses membawa Garuda Nusantara menekuk tuan rumah Myanmar dengan skor 2-1. Padahal tim asuhan Indra Sjafri sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu oleh Myanmar. Namun dengan daya magis dari pemain bernomor punggung 10 ini, Garuda terhindar dari kekalahan dan berbalik unggul.

Gol pertama Egy sendiri tercetak pada menit ke 72. Berawal dari sepakan Rifad Marasabessy di sisi kanan ke arah gawang Myanmar, bola berusaha dihalau oleh kiper Myanmar, Htet Wai Yan Soe, dan sempat mengenai mistar gawang. Bola liar yang melayang di depan gawang Myanmar langsung disambar oleh Egy dengan tandukan kepala. Gol ini cukup menarik mengingat dirinya jarang sekali mencetak gol kepalanya.

Selanjutnya daya magis Egy berlanjut pada babak injury time ketika pemain Myanmar sudah yakin menggenggam satu poin. Pemain yang berasal dari Diklat Ragunanini berhasil mengkonversi umpan full back Timnas U-19 Rifad Marasabessy. rifad mengirimkan bola kepada Egy yang berada di sayap kanan dan melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan dari sudut sempit. Bola yang mengenai tiang jauh pun masuk ke dalam gawang.

Bila dirangkum seluruh 90 menit jalannya laga, Egy memang jadi sosok menakutkan untuk pertahanan lawan. Beberapa kali dirinya merepotkan lini pertahanan lawan bahkan komentator televisi yang menyiarkan laga ini menyebutkan kalau pergerakkannya ibarat Messi di Barcelona.

Ini terlihat dari statistik yang diperlihatkan Egy sepanjang pertandingan. Total tembakan ia membuat enam tembakan dan dua berhasil menjadi gol. Yang menariknya gol kedua yang dicetak Egy sangat berkelas. Ia melakukan aksi invidual dengan menggiring bola dari sisi kanan kemudian memasuki kotak penalti dan diakhiri tendangan ke tiang jauh Myanmar.

Tak hanya itu akurasi umpan maupun tembakan tidak terlalu buruk. Untuk urusan umpan ia mencetak 79 persen sedangkan tembakan sekitar 83 persen. Positioning juga cukup apik hal itu dibuktikan pada gol pertamanya yang ia cetak.

Memang sebelum ini kehebatan Egy untuk tampil hebat di Piala AFF 2018 sudah banyak diprediksi orang. Bahkan pelatih Espanyol B ini memuji kelihaian Egy dalam mengolah si kulit bundar. Pelatih klub Spanyol itu, David Gallego, bahkan menyebutnya sebagai pemain yang memiliki tipe seperti Lionel Messi.

Show More

Related Articles